10 Makanan Anak yang Penting untuk Perkembangan Otak, Orang Tua Wajib Tahu

10 Makanan Anak yang Penting untuk Perkembangan Otak,

Orang Tua Wajib Tahu

 Health Food for Fitness

Pelatihan Tumbuh Kembang Anak – Setiap orang tua akan selalu berusaha memberikan makanan sehat untuk anaknya. Makanan berperan penting dalam menentukan tumbuh kembang anak. Sehingga sejak bayi harus diberikan makanan sehat agar pertumbuhan anak berlangsung dengan baik.

Di samping itu, hal yang perlu diperhatikan saat memberikan makanan sehat untuk bayi ialah faktor kesiapan bayi dalam menerima makanan padat. Secara umum, anak memiliki kesiapan untuk makan ketika usianya telah mencapai 4-6 bulan. Beberapa makanan bergizi seperti buah, sayur, dan daging dianjurkan para ahli untuk dikonsumsi secara rutin.

Selain memberi ASI pada usia 4-6 bulan, anak juga memerlukan asupan tambahan berupa makanan anak yang sehat. Berbagai jenis makanan sehat dapat diberikan apabila anak telah memiliki kesiapan untuk menerima makanan padat.

Bayam

Bayam merupakan salah satu makanan anak yang sehat dengan harga terjangkau. Jenis sayuran ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, magnesium, hingga folat yang berperan penting dalam menjaga sistem imunitas tubuh.

Selain itu, bayam juga mengandung vitamin K yang berperan penting dalam meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Oatmeal

Rasanya yang manis dan lezat menjadikan oatmeal sangat cocok untuk menu sarapan. Selain itu, oatmeal juga mudah didapatkan karena kini banyak ditemui oatmeal dalam bentuk instan. Makanan ini cocok dikonsumsi anak karena memiliki beragam kandungan yang mampu meningkatkan perkembangan otak.

Makanan berbahan dasar oat ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram oat mengandung 9,9 hingga 14,9 gram total serat. Sehingga makanan bergizi ini berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan dan sangat cocok dijadikan menu diet.

Pepaya

Salah satu makanan anak bergizi yang memiliki tekstur yang lunak dan lembut ialah pepaya. Buah ini memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi efektif melancarkan proses pencernaan. Selain itu, teksturnya yang lembut dan lunak juga sangat baik dikonsumsi oleh bayi.

Buah pepaya juga mengandung zat besi dan asam folat yang berperan penting dalam membantu proses perkembangan otak. Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, konsumsi buah pepaya secara rutin dan teratur.

Ubi Jalar

Salah satu makanan anak yang berperan penting untuk perkembangan otak adalah ubi jalar. Kandungan zat kolin pada ubi jalar berfungsi efektif membantu proses kimiawi dalam sel saraf. Sehingga, hal ini mampu meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik.

Selain itu, ubi jalur juga mengandung vitamin A, vitamin E dan vitamin C yang berperan penting untuk mempertahankan membran sel, meningkatkan memori, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pisang

Siapa yang tidak mengenal buah pisang? Selain memiliki cita rasa yang manis dan lembut, buah yang sangat populer ini juga memiliki kandungan vitamin A, asam folat, kalium, dan fosfor yang mampu melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan memori otak.

Daging

Daging merupakan salah satu makanan bergizi yang digemari yang cocok untuk meningkatkan kecerdasan otak. Mengonsumsi daging sapi secara rutin dan teratur dapat menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Selain itu, daging sapi juga kaya akan vitamin B12 hingga zat besi, yang berfungsi efektif memperkuat imunitas tubuh.

Alpukat

Alpukat menjadi salah satu jenis makanan bergizi yang yang cocok untuk anak. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan tersebut berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah gangguan syaraf.

Brokoli

Selain memiliki cita rasa yang segar, brokoli juga mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C, folat serta glukosinolat pada brokoli dipercaya dapat membantu perkembangan tubuh dengan baik dan mencegah berbagai macam penyakit.

Melansir dari American Institute For Cancer Research, kandungan glukosinolat dalam brokoli berfungsi menggagalkan perkembangan kanker prostat. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak serat yang membantu menurunkan risiko kanker kolorektal.

Yoghurt

Yoghurt menjadi salah satu makanan bergizi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Kandungan kalsium dan vitamin D pada yoghurt berperan penting bagi perkembangan tulang dan gigi. Selain itu, yoghurt juga dapat berfungsi efektif dalam menjaga sistem kekebalan tubuh bayi.

Cara memberikan yoghurt untuk bayi cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan yoghurt tanpa gula, kemudian tambahkan beberapa buah-buahan seperti alpukat, apel, atau pisang.

Ikan Salmon

Makanan anak yang menyehatkan selanjutnya ialah ikan Salmon. Ikan ini merupakan jenis ikan yang terkenal karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Selain rasanya yang lezat, ikan salmon juga dapat berfungsi mencegah berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Sehingga tak heran apabila ikan salmon sangat digemari oleh penduduk dunia.

Mengonsumsi ikan salmon secara rutin dan teratur dapat memenuhi kebutuhan asam omega 3 yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Di samping itu, masih banyak manfaat lainnya yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Sehingga, jenis ikan ini sangat cocok dikonsumsi untuk anak karena mampu meningkatkan perkembangan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>