Mari Terapkan! Ini 5 Manfaat Berkomunikasi Untuk Tumbuh Kembang Anak

Mari Terapkan! Ini 5 Manfaat Berkomunikasi untuk Tumbuh Kembang Anak

terapi wicara

Pelatihan Tumbuh Kembang Anak – Komunikasi merupakan aspek penting dalam segala lini kehidupan individu. Keahlian ini sebenarnya bisa dilatih oleh orangtua sejak dini. Komunikasi yang baik juga mendekatkan hubungan antara anak dan orangtua, sehingga keluarga harmonis bisa dicapai.

  1. Melatih Anak Mengenali Dan Mengelola Emosi

Mengidentifikasi emosi yang dirasakan anak, akan membantunya mengelola emosi dengan tepat. Melalui bahasa verbal, anak bisa mengucapkan apa yang dirasakan untuk mengekspresikan diri. Misalnya, anak mampu mengatakan “Aku merasa marah, Ibu” atau “Aku senang bisa bertemu mereka”.

Seiring bertambahnya usia, emosi yang dialami individu jadi lebih kompleks. Jika anak sudah dilatih mengenalinya sejak dini, itu akan membantunya mengenali apa yang ia rasakan sekaligus juga apa yang dirasakan orang lain.

  1. Melatih Kecerdasan Bahasa

Salah satu kecerdasan yang dapat dilatih oleh orangtua di rumah adalah kecerdasan bahasa. Kecerdasan ini begitu penting untuk membuka cakrawala pengetahuan anak melalui bahasa.

Variasi jenis kata dapat membantu anak dalam memperbanyak diksi sehingga mereka mampu membaca dan menulis dengan tepat. Ada beberapa metode untuk stimulasi kecerdasan berbahasa anak. Beberapa di antaranya adalah menanyai anak tentang apa yang dialami saat itu, melalui bernyanyi dengan alat musik atau bermain.

  1. Melatih Kemampuan Empati

Komunikasi yang baik antara orangtua dan anak, membantu anak melatih kemampuan empati. Di mana anak bisa memahami posisi orang lain dan menunjukkan simpati.

Anak bukan hanya dilatih untuk mengekspresikan diri, melainkan juga mendengarkan orang lain. Lawan bicara akan merasa nyaman dan pesan yang disampaikan dapat disampaikan serta diterima dengan baik.

  1. Melatih Kemampuan Mendengarkan Dan Negosiasi

Selain dapat meningkatkan kemampuan verbal dan intrapersonal, komunikasi yang baik akan membantu anak meningkatkan kemampuan interpersonal. Anak yang dibiasakan bercerita, akan belajar untuk memahami karakter orang lain.

Selain itu, secara gak langsung, anak melatih kemampuan bernegosiasi dan mendengarkan. Kemampuan psikososial anak juga semakin bertambah, seiring dengan bagaimana mereka berlatih dalam berkomunikasi.

  1. Melatih Dasar-Dasar Sosialiasi Sejak Dini

Anak mulai mengucapkan beberapa kata ketika mereka menginjak usia satu tahun. Buah hati juga mulai mengetahui instruksi sesuatu dengan kata-kata terbatas.

Begitu pula ketika mereka merespons. Ini adalah awal di mana anak mampu membangun komunikasi dengan tingkat dasar.

Latihan secara verbal dari hari ke hari, membantu anak meningkatkan kemampuan komunikasi. Lambat laun, anak menggunakan kemampuan ini untuk bersosialisasi dengan anggota keluarga di rumah, hingga teman sebaya di lingkungan PAUD.

Kemampuan komunikasi sangat penting untuk mengekspresikan kebutuhan, keinginan, dan apa yang menjadi concerns individu. Saat anak melatih kemampuan ini dari masa golden age, itu akan menjadi dasar kuat dalam membantu bersosialisasi hingga dewasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>