Moms, memiliki seorang anak memang merupakan anugerah yang sangat besar. Namun, dibalik anugerah-Nya yang besar, juga tersimpan tanggung jawab begitu besar yang diemban oleh orang tua, terlebih pada masa era digital saat ini. Di era yang serba maju diperlukan perhatian khusus yang lebih dibandingkan dengan pada berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Perhatian khusus yang dicurahkan kepada sang buah hati juga diperlukan ketlatenan dan kesabaran penuh. Perbedaan era pada masa sekarang ini dan di era dahulu seringkali menciptakan gap diantara orang tua dan buah hati, tak jarang gap tersebut dapat menciptakan kesalahpahaman di antara keduanya.

Tenang saja moms, hal-hal yang kita takuti bersama semuanya bisa kita minimalisir dengan 7 cara mengasuh anak di era digital menurut Psikolog dan Pendiri Yayasan Kita dan Buah Hati Elly Risma yang dapat kita terapkan untuk menjadi orang tua yang baik bagi buah hati kita, Moms.

  • Tanggung jawab penuh

Di era digital seperti sekarang ini, ayah dan ibu harus memiliki pandangan yang sama, yaitu sama-sama bertanggungjawab atas jiwa, tubuh, pikiran, keimanan, kesejahteraan anak secara utuh. Sehingga diperlukan Kerjasama teamwork antara ibu dan ayah ya moms!

  • Kedekatan

Perlu adanya kedekatan antara ayah dan anak, juga ibu ke anak. Kedekatan ini bukan hanya berarti melekat dari kulit ke kulit, melainkan jiwa ke jiwa.

  • Harus jelas tujuan pengasuhan

Psikolog Elly menyarankan agar para mom dan suami mulai merencanakan tujuan pengasuhan sejak anak dilahirkan. Perlu membuat kesepakatan bersama suami, prioritas apa saja yang diberikan kepada anak dan bagaimana cara pendekatannya.

  • Berbicara yang baik

Moms pasti pernah mendengar bahwa seorang anak lebih sering mengopy hal-hal apa saja yang ia temui di sekitarnya. Oleh sebab itu kita sebagai orang tua yang baik juga diperlukan memberi contoh yang baik dimulai dari pemilihan kata sampai dengan intonasi Ketika Bersama dengan sang buah hati.

  • Mengajarkan Agama

Menjadi kewajiban orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya tentang agama. Pendidikan tentang agama perlu ditanam sejak sedini mungkin. Dalam hal ini, mengajarkan agama tak hanya terbatas ia bisa membaca Al-Qur’an misalnya, bisa berpuasa atau pergi ke gereja. Orangtua perlu menanamkan secara emosional arti dan makna akan kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut agar anak menyukai serta memahami akan aktivitas-aktivitas itu.

  • Mempersiapkan anak masuk ke dalam era pubertas

Kebanyakan dari orangtua malu membicarakan masalah seks atau menganggap topik pembicaraan tersebut merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan terutama dengan anak dan cenderung menghindarinya. Menurut Psikolog Elly, pembicaraan dengan topik tersebut justru perlu untuk diperkenalkan kepada anak dengan dimulai sejak dini menggunakan bahasa yang mengikuti usianya.

  • Mempersiapkan anak memasuki era digital

Bukan berarti dalam hal ini, moms harus memberikannya gadget sejak bayi. Namun mengajarkan anak jika penggunaan gadget ada waktunya dan memiliki batasan untuk itu. Akses internet pun perlu dibatasi untuk mencegah anak melihat situs yang tidak diinginkan.

Nah bagaimana Moms setelah kita menyimak 7 tips dan trik cara mengasuh anak di era digital yang kian berkembang seperti saat ini? Memang tidak mudah untuk dijalani, namun sebagai pengingat kembali bahwa buah hati merupakan anugerah yang diberikan dan dititipkan oleh Tuhan YME, perlu kita rawat dan jaga dengan sepenuh hati.

Moms jika ada hal yang ingin ditanyakan atau didiskusikan mengenai pelatihan pola kembang anak dapat menghubungi sahabat kami Mira (081215017910)