Sleep Training – Sebagai orang tua, mendapatkan tidur yang cukup bisa menjadi tantangan besar ketika memiliki bayi. Salah satu metode yang populer untuk membantu bayi tidur lebih baik disebut “sleep training.” Artikel ini akan memberikan panduan sederhana untuk menerapkan belajar tidur pada bayi Anda agar Anda dan bayi bisa mendapatkan istirahat yang lebih baik.

Baca juga: Resep MPASI Ayam untuk Si Kecil Anda!

Apa Itu Sleep Training?

Sleep training adalah proses mengajarkan bayi atau balita Anda untuk tidur lebih lama dan tidur sendiri dengan lebih mudah. Ini melibatkan pembiasaan bayi dengan tidur di tempat tidur mereka sendiri dan belajar untuk tidur tanpa ketergantungan penuh pada orang tua.

Langkah-langkah Sederhana untuk Sleep Training:

  1. Buat Rutinitas Tidur yang Konsisten: Mulailah dengan membuat rutinitas tidur yang konsisten setiap malam. Ini bisa mencakup mandi kecil, membacakan buku, atau menyanyikan lagu-lagu tidur.
  2. Pilih Waktu Tidur yang Konsisten: Tentukan waktu tidur yang sama setiap malam untuk membantu tubuh bayi Anda merasa nyaman dan tahu kapan saatnya untuk tidur.
  3. Tempatkan Bayi di Tempat Tidur Sebelum Mengantuk: Cobalah untuk meletakkan bayi di tempat tidur mereka ketika mereka masih terjaga tetapi mengantuk. Ini membantu mereka belajar tidur sendiri.
  4. Biarkan Bayi Tidur Sendiri: Biarkan bayi Anda tidur sendiri dan mengatasi tantangan tidur mereka. Ini membantu mereka belajar kembali tidur sendiri jika mereka terbangun di malam hari.
  5. Gunakan Metode Ferber atau Metode Extinction: Dua metode umum sleep training adalah Metode Ferber (bertahap meninggalkan bayi selama durasi yang semakin lama sebelum kembali mengecek mereka) dan Metode Extinction (meninggalkan bayi untuk tidur sendiri tanpa mengecek mereka). Pilih metode yang sesuai dengan preferensi Anda.
  6. Hindari Ketergantungan pada Menyusui atau Bekerjaan Tangan: Jika bayi Anda terbiasa tidur dengan menyusui atau dengan diayun, bertahap bantu mereka tidur tanpa ketergantungan ini agar mereka dapat belajar tidur sendiri.
  7. Jadilah Konsisten dan Sabar: Sleep training memerlukan konsistensi dan kesabaran. Berikan waktu pada bayi Anda untuk belajar dan menerapkan metode yang Anda pilih secara konsisten.

Menerapkan sleep training pada bayi mungkin memerlukan waktu, tetapi dengan kesabaran dan konsistensi, kamu dapat membantu bayi kamu tidur lebih baik dan merasa nyaman tidur sendiri. Ingatlah bahwa setiap bayi adalah unik, jadi kamu mungkin perlu menyesuaikan pendekatan Anda sesuai dengan kebutuhan dan respons bayi.

Untuk informasi seputar tumbuh kembang anak lainnya hubungi admin kami diĀ (0812-3299-9470).