Pelatihan Rumah Sakit | Diklat Rumah Sakit | Manajemen Rumah Sakit- RS Happy Land Yogyakarta, Senin (15/04/2014) resmi memiliki Unit Hemodialisa, atau unit untuk cuci darah baru. Pembukaan dan peresmian unit seluas 650 meter persegi di lantai dua RS ini dilakukan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti. “Hal ini diharap bisa melengkapi cakupan layanan rumah sakit ini, dimana dengan peralatan yang ada terbuka kesempatan masyarakat memanfaatkan fasilitas sebaik-baiknya. Diharapkan bisa melayani masyarakat dengan lebih cepat, lebih baik, lebih mudah, dan lebih murah kalau bisa,” jelas walikota.

Direktur RS Happyland Endang Pudjiastuti menerangkan, peresmian ruang baru ini akan menjadikan RS yang dipimpinnya bermakna lebih, karena akan menjadi fasilitas kesehatan sekunder di Kota Yogya yang lebih baik. Bahkan, siap membantu program Pemkot Yogya, dalam melayani kesehatan masyarakat. “Kami terus mengejar untuk pelayanan kesehatan tingkat tersier, namun harus terus memperbaiki berbagai fasilitas dan dokter,” ujarnya.

Sementara Wakil Direktur Pelayanan Medis RS Happyland Zeni Komarudin menerangkan, fasilitas hemodialisa sebenarnya sudah dimiliki RS ini tahun 2008, yang terletak di bagian barat rumah sakit. Fasilitas lama memiliki 11 mesin dari Swedia. Sekarang fasilitas baru memiliki 15 unit mesin baru dari Jerman, dan akhir tahun ditargetkan ditambah menjadi 30 mesin. “Ruangan juga dipindah ke sebelah timur rumah sakit, yang lebih nyaman dan luas, sehingga pasien cuci darah bisa lebih nyaman,” jelasnya.

Ia menerangkan, sebanyak 90 persen pasien cuci darah di RS ini adalah pasien BPJS Kesehatan. Sementara dalam sebulan selama ini dilakukan sebanyak rata-rata 450 ‘treatment’ pasien hemodialisa. “Diharapkan fasilitas baru ini bisa melayani lebih banyak pasien, terutama pasien gagal ginjal kronik,” ujarnya.