Pelatihan Tumbuh Kembang Anak

Tiga RS Vertikal Harus Terakreditasi Internasional

menkesPelatihan Rumah Sakit | Diklat Rumah Sakit – Menteri Kesehatan (Menkes), Nafsiah Mboi, mendorong tiga rumah sakit vertikal yakni RS Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita, RS Ibu dan Anak Harapan Kita dan RS Kanker Dharmais terakreditasi secara internasional. Sebab ketiga rumah sakit tersebut selama ini sudah memiliki kerjasama dengan dunia internasional, sehingga langkah untuk akreditasi internasional jauh lebih mudah.“Kerjasama internasional sudah ada. jadi kapan mau akreditasi internasional? Tahun 2015 berani?,” kata Menkes saat mengunjungi 3 RS vertikal.Ia mengatakan meski nantinya tidak lagi menjadi menteri kesehatan tetapi akan terus ikut memantau. “Kalau nanti saya bukan menteri lagi, saya akan hantui kalian,” kata Menkes. Menurut Menkes, akreditasi internasional sangat penting untuk membuktikan bahwa kita mampu memberikan layanan kesehatan dengan mutu yang lebih baik dari negara lain.Menkes juga berharap bahwa ketiga Rumah Sakit ini juga akan menjadi rumah sakit rujukan nasional yang menjadi center of excellence di bidang unggulannya.

Pada kesempatan tersebut Nafsiah Mboi meminta agar dilakukan langkah-langkah percepatan rumah sakit regional penyakit jantung di berbagai daerah. Sehingga pasien jantung tidak berkumpul di Jakarta saja.

“Mutu di sini (RSJPD Harapan Kita-red) sudah baik, akan tetapi seharusnya tidak hanya dilakukan di DKI Jakarta, melainkan juga di luar pulau Jawa. Orang Indonesia Timur tidak boleh mati begitu saja karena tidak terlayani,” ujarnya.

Oleh karena itu, Nafsiah Mboi mengatakan Rumah Sakit Rujukan Regional harus dipercepat, sehingga penyakit jantung di daerah-daerah dapat terlayani. Menurut Nafsiah Mboi, bila terdapat Rumah Sakit Rujukan Regional, maka pasien-pasien jantung di daerah tidak perlu datang ke Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *