Pelatihan Tumbuh Kembang Anak-Bunda, Memiliki buah hati yang sehat, lucu dan menggemaskan tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap orangtua. Kebahagiaan itu sendiri akan bertambah berkali-kali lipat ketika buah hati tak hanya sehat dan lucu tetapi juga memiliki kecerdasan.

Dilansir melalui laman parenting.firstcry.com, buah hati yang cerdas dapat dilihat sejak buah hati masih berusia sekitar 9 bulan. Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa buah hati terlahir dengan kecerdasan di atas rata-rata atau memiliki potensi untuk menjadi pribadi yang mengesankan di masa depan. Apa saja tanda-tanda bayi yang cerdas pada usia 9 bulan? Berikut penjelasannya.

  • Tumbuh Kembang Bayi Baik

Bayi yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata umumnya memiliki tumbuh kembang yang baik. Bayi ini akan memiliki pertumbuhan tubuh yang sesuai dengan usianya bahkan lebih cepat. Tak hanya pertumbuhan fisiknya, perkembangannya pun juga dinilai sangat baik. Bayi yang cerdas akan menunjukkan perkembangan yang mengesankan dari hari ke hari. Hal itu dapat langsung terlihat oleh orang-orang di sekelilingnya.

  • Terlihat Waspada

Bayi yang cerdas akan terlihat waspada sejak usianya masih sedini mungkin. Bayi yang waspada aka napa yang ada di sekitarnya, memungkinkan ia nantinya cerdas saat dewasa. Bayi yang waspada seolah mengerti dengan keadaan di sekitarnya. 

  • Melakukan Kontak Mata Sedini Mungkin

Tidak semua bayi dapat melakukan kontak mata secara cepat, namun bagi bayi yang memiliki kecerdasan yang bagus sudah melakukan kontak mata sejak dini. Bayi yang mau melihat mata orang yang mengajaknya bicara berpotensi memiliki kecerdasan atau IQ yang tinggi.

  • Menggeliat serta Aktif Bergerak

Anak yang cerdas sejak usia dini atau usia 9 bulan akan lebih menggeliat dan aktif bergerak. Ia menggeliat saat hendak mengajak orangtua bermain atau meminta menggendongnya. Gerak aktif anak menunjukkan anak adalah pribadi yang aktif dan memiliki IQ tinggi. 

  • Kemampuan Motorik dan Kognitif Baik

Dalam tumbuh kembang, pasti tidak akan tertinggal dengan sebutan motoric dan kognitif. Dalam usianya yang masih bayi, ada beberapa hal yang menunjukkan ia memiliki kemampuan motoric dan kognitif yang baik, seperti ia sudah mampu menggemgam mainan dengan baik, ia sudah mampu memindahkan mainan dari tangan kanan ke tangan kiri. Ia juga sudah bisa duduk dengan baik bahkan belajar berdiri sendiri dengan pegangan ke benda di sekitarnya. 

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan bayi 9 bulan sudah terlihat cerdas. Namun tetap diperlukan bagi orang tua untuk merangsang kecerdasan bayi agar lebih baik, orangtua penting melakukan stimulus terhadap kecerdasan anak.